Home > Berita > Umum

KPU Indragiri Hilir Selesaikan Tahapan Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK

KPU Indragiri Hilir Selesaikan Tahapan Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Inhil Muhammad Arif. (F-ISTIMEWA)

Rabu, 08 Mei 2024 07:21 WIB
Muhammad Yusuf

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau telah menyelesaikan pelaksanaan seleksi tertulis calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada serentak tahun 2024.

”Seleksi tertulis yang dilakukan dengan metode Assisted Computer Test (CAT) ini dilaksanakan selama 2 hari, 6-7 Mei 2024 dilaksanakan di tiga zona. Zona 1 dipusatkan di SMKN 1 Tembilahan untuk peserta seleksi dari 10 Kecamatan meliputi Kecamatan Tembilahan, Tembilahan Hulu, Tempuling, Batang Tuaka, GAS, Gaung, Tanah Merah, Enok, Kuala Indragiri dan Concong," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Inhil Muhammad Arif.

Untuk zona 2 dilaksanakan di SMAN 1 Kateman untuk peserta dari 5 kecamatan meliputi; Kateman, Mandah, Pelangiran, Pulau Burung dan Telukbelengkong). "Zona 3 di SMAN 1 Keritang untuk peserta dari kecamatan Keritang, Kemuning, Reteh, Sungai Batang dan Kempas. Seleksi tertulis ini diikuti oleh 329 peserta dari total 368 pendaftar yang dinyatakan lulus administrasi," jelasnya.

Masih menurut Arif, sebagaimana diatur dalam Keputusan KPU Nomor 476 tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, KPU akan menetapkan peserta yang lulus seleksi tertulis ini paling banyak 3 kali kebutuhan atau 15 orang tiap kecamatan berdasarkan urutan nilai tertinggi, dan akan diumumkan tanggal 09-10 Mei 2024.

Dalam tahapan seleksi ini KPU juga membuka ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dengan memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon anggota PPK, yang waktunya dimulai sejak tanggal 4 hingga 10 Mei 2024.

”Peserta yang dinyatakan lulus seleksi tertulis akan mengikuti tahapan berikutnya, yakni wawancara yang akan dipusatkan di Tembilahan pada tanggal 11 - 13 Mei mendatang," terangnya.

Pada bagian lain Arif mengatakan, pengumuman hasil seleksi dan penetapan 5 orang calon anggota PPK terpilih tiap kecamatan dijadwalkan pada tanggal 14-15 Mei. Tanggal 16 mei akan dilaksanakan pelantikan secara serentak di seluruh Indonesia.***

Kategori : Umum, Inhil
wwwwww